Sabtu, 07 Juli 2012

Sensasi Mendaki Gunung Panderman

Wah, libur tlah tiba.. libur tlah tiba..
kemana aja yah liburan kali ini? nah, gue mau crita ttg liburan gue kali ini.
Liburan gue kali ini cukup seru n enjoy sih, yah wlaupun banyak stay at home. hahaha
oke deh, gue berlibur ke gunung panderman tgl 4 juli kemaren. gue ksana sma temen2 sekelas gue. jumlahnya ada 9 anak.
peh, gak nyesel deh gue berlibur ksana. ngapain sih gue ksana? berjemur dibawah sinar matahari!! ahaha, ya mendaki gunung lah, namanya aja gunung panderman. ahahha
rencanaya, gue n tmen2 kumpul d dpan skolah jam stengah 6. eh, maklum kali yah gara2 jam karet emang, jadix brngkt jam 7. hadehh, udah deh, kenak macet dah --
udah gitu yah, pkek acara nyasar segala. hahhaa, gue emang lupa jalannya sih. abissnya jalurx beda sih. yah piss deh!
Nah, skitar jam 9 gue n tmen2 udah nyampek di desa terakhir, yaitu desa pesanggrahan. Dari lerengnya aja udah terasa banget hawa dan suasana yg tentram, nyaman, dan sejuk. Akhirnya, abis nitipin speda motor dan ngurus perizinan kita mulai deh mendakinya. eh, tapi nih anak2 pda kelaperan. jadix kita nyarik warung makan. yah, namax aja di desa mana ada warung makan! adanya yah warung biasa. kita cumak beli roti n makanan ringan. untung aja, si temen gue yg namanya wira bawa bekal makanan. kita makan deh breng2 tuh bekal. untung juga ada cilok, yah buat ganjel2 perut kan, lumayan.. eh, prasaan dri tadi makan mulu? kapan ndakinya? hehehe. oke deh, kita mulai deh mendaki menaklukkan gunung panderman dg semangat 45 dan bondo nekat!
Baru aja dari kaplingan, masih sebutir debu buat nyampek ke puncak. eh,, udah pada capek. hahha, namanx aja pendaki pemula! mana minuman cumak bwa sedikit, peh.. emang gak ada persiapan kali yah. untung aja ada sumber mata air, tp lebih tepatnya grojokan. sebenernya itu jg dari sumber, cumak udah mengalir buat pertanian di sekitar itu. kalo mau nyarik sumbernya yah di atas sana. siapa yg mau nyarik? gue? bonyok gue? urusan lo sma keluarga lo aja kali! ahahha
Lanjut mendaki, terus mendaki mengikuti jalur yg udah ada. peh, untuk mencapai pos pertama yaitu latar ombo, perlu perjuangan nih. jalannya tuh berdebu. kayak jalan yg blum di makadam, kan berdebu tuh. bikin batuk2. apalagi, salah satu pendaki yg namanya kentung dikit2 istirahat, dikit2 istirahat. hemm, untung aja gak pingsan dy. coba aja kalo pingsang udah gue gelundungin kali yah. tapi, semangatx luar biasa lo, salut deh gue. nah, disepanjang perjalanan, disuguhin sama pemandangan yg indah bngt, dg perbukitan yg hijau dan udara yg sejuk. jadi lupa deh sma capekx. coba aja bisa kesana pkek sepeda trail? peh, keren banget tuh!!
Akhirnya, sampek deh gue n tmen2 di Latar Ombo. disini ada yg ngecamp lo. wah, gue pengen banget ngecamp. tapi, apadaya tangan tak sampai :(  nah, lanjut deh ke pos selanjutnya, yaitu Watu Gede. liat namanya aja, udah bisa bayangin kan, kalo bakalan ada batu yg gede2. wahh.. seberapa sih gedenya emang? hemm, gede banget deh pkoknya. Medan disini ckup menguras tenaga juga. emang sih, gak berdebu tapi banyak yg nanjak. disini kita udah masuk hutan.
Yaps, kalo udah sampek di Watu Gede plongg deh rasax. sejenak melepas lelah trasa sangat tenang. disini pemandangannya udah indah banget. gue aja sampek manjat2 batunya biar bisa ngliat kota malang dan batu. wahh, keren dehh. kita disini juga nulis di batu lo. yah, biar terkenang gitu :D
Habis pos ini gue n tmen2 beranjak buat ke puncak panderman, tapi disini kita ninggalin kentung yg udah gak kuat banget buat nglajutinn. nah, buat mencapai puncak medannya udah sulit bngt. Jalannya menanjak dan berbatu. apalagi deket jurang2, mungkin kemiringannya 90 derajat kali yah.. apalagi kabutnya ituloh bikin pemandangan gunung dan kota gak keliatan. tapi, emang lg mendung sih waktu itu. hehehhe
Nah, disini kita teriak2. ditambah sahut2tan sama pendaki lain. Disini gue udah mulai putus asa buat ngelanjuting pendakian mnuju puncak. kabut yg udah tebal, rasa capek yg udah terasa banget, dan perbekalan yg smakin menipis. tapi, semangat tmen2 gue yg bkin gue mau bangkit dan mau nglanjutin perjalanan. Pas udah nyampek cemara2.an gue n tmen2 berhenti dan ketemu pendaki2 yg konyol abis. mereka kyaknya smangat bngt beda sama kita yg udah lencu abis. hehehe
Nah, ternyata. tau gak sih yg awalnya gue kira udah dket puncak, ternyata masih seperempatnya dari cemara2 yg kita buat istirahat mnuju puncak? eh gila bngt? mana kabut udah tebal lg? yah, akhirnya kita putuskan buat turun dan gak ngelanjutin perjalanan. sbenernya rugi bngt kalo gak nyampek puncak. gue pengen nyentuh tugu dan mocil2 (monyet kecil) di puncak panderman. tapi, gak papa2 deh. dari sini pun gue udah lega dan seneng, jg bangga udah berhasil nyampek panderman :D
Abis foto2, akhirnya gue n tmen2 turun. ada yg lucu nih disini. Tmen gu, si Tata nangis gara2 salah jalan. yah, slaahnya ngikutin orang patkur! hahhahaa. Tapi gue akui deh, turun tuh lbih sulit dri mendaki. peh, capek bngt dan ngeri pastinya. apalagi pas gue jalan sndiri, kayak ada yg nemenin. tp gue cuek aja sih. namanya aja di gunung, pasti ada yg nunggu kan..
Yaps, abis capek turun, badan udah kotor smua udah gak rupa manusia kita pada bersih diri di sumber. peh, disini airnya dingin bngt kyak di kulkas. gue ngebayangin kalo seandainya punya rumah disini, pling sehari cumak mandi 1 kali yah.. ahahahha. tapi meski dingin rasanya seger bngt. kayak rasa capekx tuh hilang smuaa. akhirnya kita foto bareng dan siap2 buat pulang.. Perasaan, sediki2 foto2 yah? gimana mau nyampek puncak? dikit2 foto. ahahhahaa.
AHHHHH, RASANYA PENGEN BALIK BUAT NGECAMP DI GUNUNG PANDERMAN!! Hahahah. Sungguh Indah Ciptaan Allah SWT. Sungguh Karunia Yang harus kita jga agar anak cucu kita bisa merasakan keindahan dunia ini. :)

Nyampek di Desa terakhir, Desa Pesanggrahan, Batu


Persiapan mendaki Gunung Panderman. (Foto-foto dulu kawan :D)
   
Mengisi botol dengan air sumber 

   
Gue lagi dijalan menuju pos pertama. sungguh indah pemandangannya

   
Gue udah sampek di Watu Gede. 

   
Tempat Terakhir gue n tmen2 di Gunung Panderman

   
Setelah gue n tmen2 bersih diri di sumber yg dingin abis. foto2 dulu :)

   
   
Pemandangan Menakjubkan, Oh.. Panderman






Penulis : Evrill :)

3 komentar: